Struktur Teks Eksposisi



Struktur Teks Eksposisi - Apa kabar belajaor.blogspot.com, Seomaga Anda semua dalam keadaan sehat, Postingan artikel saya kali ini membahas tentang Struktur Teks Eksposisi, Dengan mengunjungi blog ini semoga sobat semua mendapatkan informasi yang sobat cari dan tentunya bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan yang saya berikan ini dapat sobat pahami. SELAMAT MEMBACA!!!.

Judul : Struktur Teks Eksposisi
URL : Struktur Teks Eksposisi

Baca juga


Struktur Teks Eksposisi

1. Tesis

Tesis atau juga dikenal sebagai bagian pernyataan pendapat merupakan salah satu bagian teks eksposisi yang berisikan pernyataan pendapat dan opini dari penulis terkait topik yang akan dibahas. Bagian ini biasa terdapat di pembuka sebuah teks eksposisi di awal paragraf.

Contoh Teks Eksposisi dan Struktur Tesis

Air menjadi kebutuhan pokok yang sangat penting bagi manusia saat ini. Manfaat air sangat dibutuhkan oleh semua kalangan manusia, dari kalangan atas atau kalangan bawah pula tanpa ada batasan.

Tak hanya itu, air juga diperlukan oleh makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan. Hal ini membuat air menjadi sumber daya yang penting bagi semua organisme hidup.

2. Argumentasi

Argumentasi menjadi salah satu dari struktur teks eksposisi yang memuat alasan-alasan untuk memperkuat argumen penulis dalam menyetujui atau menolak suatu gagasan yang telah disampaikan sebelumnya dan menjadi topik pembahasan teks eksposisi.

Dalam bagian argumentasi, penulis menuliskan fakta dan pernyataan-pernyataan yang memperkuat pendapat pribadinya, biasanya juga disertakan sumber-sumber yang valid dan terpercaya dari ahli dan pakar di bidangnya masing-masing.

Contoh Teks Eksposisi dan Struktur Argumentasi

Manusia sangat membutuhkan air untuk kehidupan sehari-hari. Kita butuh air untuk memenuhi cairan di dalam tubuh sekaligus mencegah dehidrasi. Selain itu manusia perlu air untuk keperluan air seperti mandi, mencuci baju, olahraga air hingga untuk tempat wisata.

Sementara hewan membutuhkan air untuk minum. Adapun tumbuhan juga memerlukan air untuk proses fotosintesis guna menghasilkan makanan.

3. Penegasan Ulang

Bagian struktur teks eksposisi yang terakhir adalah reiteration atau penegasan ulang. Penegasan ulang ini biasa diletakkan di bagian penutup teks eksposisi di akhir paragraf. Isinya menyatakan penegasan kembali dari pernyataan sebelumnya menyerupai kesimpulan sehingga pembaca lebih dapat memahami isi dari teks.

Contoh Teks Eksposisi dan Struktur Penegasan Ulang


Hal ini tentu menjadi bukti bahwa air menjadi sumber daya yang sangat penting bagi manusia, hewan dan tumbuhan. Tanpa air, tentu tiap makhluk hidup tidak akan bisa bertahan hidup. Untuk itu kita harus menjaga persediaan air agar merata di semua wilayah.

https://paste2.org/kNNyAbG6
https://notes.io/LKXN
https://anotepad.com/notes/2f9qjdik
https://pbase.com/topics/thingsing37/ways_to_get_backlinks_on_web
http://dollarcocoa88.jigsy.com/entries/general/Some-great-benefits-of-backlinks-for-your-current-business-website
https://roberts-cash.technetbloggers.de/how-to-get-backlinks-on-sites
https://tipfire06.webgarden.cz/rubriky/tipfire06-s-blog/understanding-and-benefits
https://www.storeboard.com/blogs/legal/the-key-benefits-of-backlinks-for-your-current-business-website/5091112
https://pastebin.pl/view/21f216ed
https://zenwriting.net/scalefemale75/the-way-to-get-backlinks-on-internet-sites
https://squareblogs.net/dahliachess93/great-things-about-backlinks-for-business-online-websites
https://pastelink.net/3bagk
https://writeablog.net/sailglider67/being-familiar-with-and-benefits-involving-essential-backlinks
https://wadewaddell47.livejournal.com/profile



Nah itulah artikel saya tentang Struktur Teks Eksposisi

OK sekian dulu artikel saya Struktur Teks Eksposisi kali ini, semoga bisa memberikan wawasan untuk Anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel saya selanjutnya.

Sobat sedang membaca artikel Struktur Teks Eksposisi dengan alamat URL https://belajaor.blogspot.com/2019/11/struktur-teks-eksposisi.html

5 Responses to "Struktur Teks Eksposisi"

histats